Penemuan Arca Ganesha di Gunung Tangkil

Penemuan Arca Ganesha di Gunung Tangkil

Category : Artikel , Berita

SUKABUMI, (PR).- Sejumlah benda purbakala kembali ditemukan di kawasan situs Gunung Tangkil, di Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Adalah Batu Arca Ganesha setinggi 40 cm yang kali ini ditemukan, tepatnya di kawasan hutan lindung Sukawayana, tidak jauh dari pantai selatan Palabuhanratu.

Batu berbentuk gajah duduk itu ditemukan terpendam didalam lumpur yang dikeliling akar pohon besar. Batu Arca Ganesha tersebut ditemukan setelah dilakukan serangkaian penggalian yang dilakukan tim Mitra Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sukabumi dengan dibantu warga sekitar.

Ketua Tim Mitra Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sukabumi, Fajar Laksana mengatakan penggaliandilakukan untuk menghindari aksi penjarahan terhadap benda bersejarah. Apalagi kawasan hutan lindung berada tidak jauh dari obyek wisata Palabuhanratu.

“Karena dikhawatirkan dijarah, maka kami terpaksa melakukan penggalian. Arca batu kini telah dievakuasi dan disimpan dimusium Prabu Siliwangi,” katanya, Kamis 8 Desember 2016.

Temuan dikawasan Gunung Tangkil bukan kali ini saja. Bahkan enam bulan lalu, tim komunitas Kujang menemukan belasan batu bersejarah dikawasan tersebut. Mereka menemukan tidak hanya batu arca menyerupai kepala kerbau. Tapi telah ditemukan batu relief bunga, batu lisung, batu pondasi candi dan batu berlubang delapan dikawasan itu.

“Kami telah melaporkan temuan-temuan batu purbakala kepihak dinas terkait untuk bahan penelitian dan kajian,” katanya. ***

Sumber :

http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2016/12/08/penemuan-arca-ganesha-di-gunung-tangkil-387260


Leave a Reply