Kunjungan Kabid DISPARBUD Provinsi Jawa Barat

Kunjungan Kabid DISPARBUD Provinsi Jawa Barat

Category : Artikel , Berita , Kegiatan

Kunjungan Kabid DISPARBUD Provinsi Jabar, Bapak Wahyu bersama team dengan tujuan melihat temuan team ekspedisi Museum Prabu Siliwangi Sukabumi (Santri Pesantren Dzikir Al-fath) dan POLRESTA Kota Sukabumi di gunung manglayang berupa Kapak Batu dan Patahan Batu Menhir yg mirip dengan bebatuan di gunung padang.

DISPARBUD Provinsi Jabar memberikan apresiasi dan penghargaan yg baik terhadap kegiatan Pesantren Dzikir Al-Fath dan Polresta Kota Sukabumi dalam memeliharan, mengidentifikasi dan menjaga benda-benda yg diduga cagar budaya. Melihat bukti dari temuan bebatuan di gunung manglayang pihak Disparbud Provinsi Jabar memberikan dugaan kuat di sana ada situs cagar budaya. Bekas bangunan Belanda dan Jepang yang sudah dipastikan itu sebagai situs cagar budaya yg harus segera dilakukan penelitian dan pengkajian yg lebih dalam.

Selain itu, terdapat juga sebuah makam pahlawan laskar hizbullah yg ditembak oleh Belanda harus menjadi bukti dan fakta sejarah yg dipublikasikan agar menjadi sejarah yg dipelajari dan di ambil hikmahnya serta menjadi sumber data primer bagi para peneliti.

Sehingga temuan yg dilakukan oleh Team Museum Prabu Siliwangi (Santri Pesantren Dzikir Al-fath) dengan Polresta Kota Sukabumi akan segera ditindaklanjuti oleh DISPARBUD Provinsi Jabar. Kunjungan dari DISPARBUD Provinsi Jabar menunjukan bahwa DISPARBUD Provinsi Jabar sangat peduli, responsive, langsung berkunjung ke Museum Prabu Siliwangi yang berada di Komplek Pesantren Dzikir Al-Fath untuk memberikan apresiasi serta motivasi.

 


Leave a Reply