Kunjungan Mojang Jajaka Kota Sukabumi

Kunjungan Mojang Jajaka Kota Sukabumi

Tags :

Category : Artikel , Berita , Kegiatan

Dalam kegiatan City Tour Mojang Jajaka Kota Sukabumi 2017, Museum Prabu Siliwangi Pesantren Dzikir Al-Fath Sukabumi, menjadi salah satu destinasi Mojang Jajaka Kota Sukabumi dalam hal pengenalan Icon Budaya Kota Sukabumi ( Boles, Museum, Lisung Ngamuk). Para peserta MOKA begitu antusias untuk mengenal budaya lokal yang menjadi icon Kota Sukabumi .

Museum Sejarah Sunda Prabu Siliwangi merupakan salah satu museum yang ada di Kota Sukabumi, museum yang terdaftar  dan telah memiliki Izin Pendirian  Museum Sejarah Sunda Prabu Siliwangi SK : DISPORABUDPAR No. 556 /24/Disporabudpar/2011 dan telah diakui Anggota Asosiasi Museum Indonesia No 175.

Di museum para pengunjung akan disuguhkan banyak benda-benda sejarah dari berbagai jenis Batu jaman Pajajaran yang memeiliki bentuk-bentuk Unik, Tulisan atau naskah-naskah dari jaman pajajaran yang di tulis di kulit harimau, kulit kayu, yang bertuliskan aksara sunda pajajaran, senjata keris dan tombak peninggalan jaman pajajaran dan warisan keluarga, keramik-keramik yang memiliki nilai sejarah.

Benda-benda yang berada di Museum  Sejarah Sunda Prabu Siliwangi telah di teliti oleh Pakar Arkeolg Unpad DR. Tony menyatakan Benda yang ada di Museum Sejarah Sunda Prabu Siliwangi 60% memiliki nilai benda cagar budaya (sumber : Radar sukabumi), menurut DR. Tony  salah satu arca yang berada di museum (Polinesia) Arca polinesia diperkirakan berasal dari masa 5000 th  sebelum masehi.

Dari museum ini tercipta karya buku Sasakala Prabu Siliwangi, Sasakal Sindang Parang, Maen Boles. Juga dari museum ini melahirkan icon seni Budaya Sunda maen boles dan ngagotong lisung yang menjadi juara 1 di Jawa Barat dan juara ke 2 di Nasional. Juga museum ini sudah banyak dikunjungi oleh warga negara asing di bernagai negara didunia

 

 


Leave a Reply