Boles dan Lisung Mendapat Sertifikat Internasional dari Federasi Pencak Silat Tradisional Internasional (FPSTI)

SUKABUMI – Dua jenis kesenian tradisional asli Kota Sukabumi, boleus (bola leungeun seuneu, bola tangan api) dan ngagotong lisung (menggotong lesung) berhasil meraih setifikat internasional dan pengukuhan dari Federasi Pencak Silat Tradisi Internasional (FPSTI). Penyerahan sertifikat itu dilakukan oleh Presiden FPSTI, Mr. Rahmat di Ponpes Dzikir Al-Fath, Karangtengah, Kota Sukabumi, Minggu (8/12/2019).

Sertifikat tingkat dunia untuk boleus dan ngagotong lisung itu diterima oleh Wali kota Sukabumi H. Achmad Fahmi dan Pimpinan Ponpes Dzikir Al-Fath, KHM. Fajar Laksana. Selama ini Fajar dikenal sebagai penggali dan pengembang dua jenis seni tradisional yang hampir punah tersebut.

“Kami memberikan pengukuhan dan sertifikat kepada boleus dan ngagotong lisung karena seni ini termasuk seni tradisi unik yang belum pernah ada di dunia,” Rahmat setelah penyerahan penghargaan.

Selain itu, dua seni tradisional tersebut sering meraih prestasi pada event-event tingkat nasional dan internasional. Faktor itu pula yang mendorong FPSTI memberikan penghargaan kepada boleus dan ngagotong lisung. Dengan diberi penghargaan, ujar dia, diharapkan seni asli Sukabumi ini dapat dikembangkan ke seluruh dunia.

“Kami harapkan kesenian ini menjadi bagian dari warisan seni budaya silat tradisional yang mendunia yang lahir dari Sukabumi,” tutur Rahmat.

Sementara itu Wali Kota Fahmi menyatakan ikut bangga atas diraihnya sertifikat tingkat dunia oleh boleus dan ngagotong lisung. Kini, dua seni tersebut resmi menjadi ikon Kota Sukabumi yang akan dikuatkan dengan keputusan wali kota.

Fahmi juga menyatakan kesiapannya untuk memasukkan Kujang Day menjadi ke dalam salah satu event resmi di lingkungan Pemda Kota Sukabumi. Kujang Day pertama akan digelar pada bulan Juli 2020.

“Kujang Day akan dilaksanakan tahun depan. Rencananya akan dihadiri oleh peserta dari negara sahabat seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan beberapa negara lainnya dari Eropa dan Amerika. Bayangkan kita akan menjadi tuan rumah sebuah event internasional,” kata Fahmi.

Beberapa prestasi yang pernah diraih para pemain boleus dan ngagotong lisung antara lain juara I lomba olahraga tradisional tingkat nasional, juara II tingkat nasional lomba olahraga tradisonal yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, tampil di pentas dunia seni tradisional di Jakarta tahun 2016, dan melatih para seniman dari berbagai negara.

Sumber Berita :

https://bintangsuarakeadilan.com/08/12/2019/boleus-dan-ngagotong-lisung-raih-sertifikat-internasional/

Anda mungkin juga suka...

(8) Komentar

  1. turkce

    Bermainlah penuh dengan taktik, cermat, dan cerdas. Ame Kendal Kurys

  2. 720p

    You made some good factors there. I looked on the web for the concern as well as located most individuals will certainly support with your website. Yetty Westleigh Alvarez

  3. yetiskin

    My brother suggested I might like this web site. He was entirely right. Nicoline Uri Colt

  4. sikis izle

    Very good article. I am going through many of these issues as well.. Anastasia Wake Takeo

  5. altyazili

    Everyone loves it when individuals get together and share thoughts. Great blog, keep it up. Marcelia Justino Ame

  6. turkce

    Pretty! This has been an incredibly wonderful article. Thanks for supplying these details. Damaris Herold Rolandson

  7. web-dl

    Great post! We will be linking to this particularly great article on our website. Keep up the great writing. Marjorie Micah Hoopes

  8. indir

    I visit every day some websites aand information siutes tto read posts, however this blog gives feature based content. Ophelie Ezechiel Schreiber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *