Mahasiswi UPI, Lakukan Penelitian Sejarah Ke Museum Prabu Siliwangi

Mahasiswi UPI, Lakukan Penelitian Sejarah Ke Museum Prabu Siliwangi

Category : Berita

MUSEUM PRABU SILIWANGI – Mahasiswi Jurusan Ilmu Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI) melakukan penelitian ke Musium Prabu Siliwangi Komplek Ponpes Alfath Karang Tengah Kecamatan Gunung puyuh Kota Sukabumi.

Penelitian dilakukan secara singkat garis besar, selama 3 hari, karena menurut mereka musium tersebut banyak menyimpan benda bersejarah kerajaan sunda yakni Padjajaran.

Bersama 2 mahasiswi lainya, menurut Naida Khumaira Mahasiswi Jurusan Sejarah mengatakan.Musium Prabu Siliwangi menyimpan banyak benda bersejarah, termasuk budaya yang dilestarikanya hingga saat ini.

“Permainan Bola leungeun seneu atau (Boles) menurut sejarah, adalah permainan kaulinan zaman kerajaan padjajaran yang dikabarkan kerajaan yang hilang, namun demikian disini ada,” tuturnya kepada wartawan saat di wawancara.

Selain benda-benda bersejarah seperti artefak artefak, yang membuat kami tertarik untuk diteliti, keunikan lain di pesantren ini yakni kearifan lokal masyarakat zaman kerajaan padjajaran, yang mereka lestarikan dan jaga seperti yang dipesankan turun temurun oleh para keturunan kerajaan Padjajaran.

“Yang saya tahu di diluaran bahwa kearifan loka warga Sukabumi, tidak ada, namun demikian. dengan boles ini, bisa nampak dan harus saya kunjungi ini,” katanya.

Sumber : Sukabumi Live


Leave a Reply

Komentar Terbaru

    Arsip

    Tentang Museum

    Museum Prabu Siliwangi didirikan oleh Prof. Dr. KH. Rd. Adpt. Muhammad Fajar Laksana, SE., CQM., MM., Ph.D yang merupakan keturunan ke 17 dari Prabu Siliwangi. Benda-benda Museum hampir 70% adalah Warisan dari Keluarga Besar Rd. Sumawinata yang merupakan keturunan ke 15 dari Prabu Siliwangi.

    Warisan Budaya

    Warisan Budaya Tidak Berwujud – Maen Boles & Ngagel, Pengobatan Herbal, Silat Sunda, Kitab Kuno Warisan dari Walisongo.

    Warisan Budaya Berwujud – Benda Batu 131 Buah, Keramik 60 Buah, Logam & Kuningan 16 Buah, Senjata & Pusaka 165 Buah, Naskah & Kitab Kuno 269 Buah.

    Alamat Lengkap

    Museum Prabu Siliwangi,

    Komplek Pesantren Dzikir Al-Fath, Jl. Merbabu Perum Gading Kencana Asri Blok G RT09/RW015, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi, Jawa Barat. Kode Pos 43121. Website  :  museumprabusiliwangi.org