Museum Prabu Siliwangi Masuk Agenda IPMI

Museum Prabu Siliwangi Masuk Agenda IPMI

Tags :

Category : Berita

MUSEUM PRABU SILIWANGI – Museum Prabu Siliwangi Al Fath Kota Sukabumi mendapatkan pengakuan secara nasional. Pengakuan tersebut terbukti dengan dijadikannya museum yang dikelola Pimpinan Ponpes Dzikir Al Fath, KH. Fajar Laksana tersebut menjadi tempat kegiatan visitasi Ikatan Pemandu Museum Indonesia (IPMI).

Ketua IPMI, Ahmad Husaeni Al Alek mengatakan, mereka datang ke Museum Prabu Siliwangi bukan sekedar visitasi, juga tukar pendapat tentang kepemanduan dan mempelajari sejarah Prabu Siliwangi.”Kami juga ingin melihat langsung koleksi-koleksi dari Museum Prabu Siliwangi,” kata Husaeni kepada Sukabumi Ekspres.

Husaeni mengaku kagum dengan koleksi-koleksi yang ada di Museum Prabu Siliwangi. Jenisnya beraneka ragam dengan jumlah yang cukup banyak. “Bagus sekali, jumlah sampai saya tidak bisa hitung. Mudah-mudahan pihak yayasan bisa membangun gedung museumnya agar lebih luas lagi, karena diperlukan ruangan yang lebih luas untuk koleksi yang luar biasa ini,” ungkapnya.

Sementara Fajar Laksana mengaku bersyukur museumnya bisa menjadi rujukan oleh asosiasi, instansi pemerintah dan IPMI. Hal ini sebagai bentuk pengakuan terhadap museum yang dikelolanya. Apalagi sudah mendapatkan pengakuan secara nasional.”Museum ini sudah mendapatkan pengakuan dari asosiasi dan profesi yang resmi. Ini akan menambah destinasi wisata di Sukabumi. Saya selaku masyarakat Kota Sukabumi ikut merasa bangga,” kata dia.

Fajar mengungkapkan, Museum Prabu Siliwangi sudah dikenal sampai ke mancanegara. Bahkan, sejumlah turis dari berbagai negara secara khusus datang mengunjungi Museum Prabu Siliwangi.”Mereka tertarik mengunjungi Museum Prabu Siliwangi, sebab di sini bukan hanya terdapat koleksi fisik, juga koleksi non fisik, karena ada Pencak Silat Prabu Siliwangi, Boles dan ngagotong lisung. Itu adalah seni budaya yang dijaga dan dipelihara oleh Museum Prabu Siliwangi,” pungkasnya.

Sumber : Seputar Sukabumi


Leave a Reply

Arsip